Membuat Sabun Cuci paket usaha laundry

Membuat sabun cuci Anda sendiri adalah eksperimen Do it Yourself yang menyenangkan dan mudah, dan ada berbagai resep yang dapat Anda coba. Penting untuk dicatat bahwa membuat deterjen di rumah tidak terlalu mungkin dilakukan, namun Anda bisa membuat sabun binatu yang berbeda, meski tidak efektif seperti deterjen komersial.

Ada banyak jenis sabun cuci tangan yang bisa Anda buat di rumah, termasuk sabun cairan dengan kacang, detergen bubuk berbasis sabun, dan deterjen cair berbasis sabun.

Membuat Sabun Cuci paket usaha laundry

Bagi anda yang memiliki paket usaha laundry kiloan, memang sangat penting untuk bisa membuat sabun sendiri dikarenakan dengan membuat sabun sendiri akan sangat menghemat cost ataupun biaya yang akan anda keluarkan.

Berikut tips membuat sabun untuk usaha laundry anda:

1.Kombinasikan kacang dan air sabun. Pindahkan kacang sabun ke panci besar. Tuangkan air ke atas kacang dan masukkan tutup panci. Balikkan panas ke medium dan aduk sampai mendidih.

  • Kacang sabun, yang juga disebut soapberries, adalah buah dari semak Sapindus, tanaman di keluarga lychee yang berasal dari India dan Nepal.
  • Cangkang kacang sabun secara alami mengandung saponin, yang merupakan surfaktan, menjadikan buah beri ini alternatif biodegradable yang ideal untuk deterjen cucian komersial.
  • Kacang sabun bisa dibeli di toko makanan kesehatan, pedagang alternatif, dan online.
  1. Masak hingga matang campuran selama 30 menit. Saat air mendidih, nyalakan panas sampai menengah-rendah dan terus mendidih selama setengah jam. Ini akan memberi waktu kacang sabun untuk melepaskan saponin mereka ke dalam air. Perhatikan campuran dengan hati-hati saat mendidih, karena air kacang kedelai cenderung mendidih dalam keadaan berantakan.
  2. Tutup dan rebus selama 30 menit lagi. Bila campuran telah direbus selama 30 menit, buka tutupnya dan biarkan mendidih selama setengah jam lagi. Saat kacang sabun mendidih, aduk dengan lembut di bagian belakang garpu beberapa kali untuk membantu melepaskan lebih banyak saponin. Setelah campuran mendidih, air akan mengurangi dan membuat deterjen yang lebih terkonsentrasi.

Related posts:

Comments are closed.