Yuk Ketahui Manfaat Buah Nanas

Nanas, buah tropis yang lezat, telah digemari selama berabad-abad tidak hanya untuk cita rasa yang unik namun juga untuk manfaat kesehatannya yang ajaib. Manfaat buah untuk kesehatan dari nanas termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan pernafasan, membantu pencernaan, menguatkan tulang, mengurangi peradangan, menyembuhkan batuk dan pilek, dan penurunan berat badan.

Nanas adalah buah tropis yang lezat yang memiliki kombinasi rasa manis dan asam. Musim berbuah nanas berlangsung dari bulan Maret sampai Juni, dan setiap pohon bisa menghasilkan sejumlah buah. Nanas bisa dimakan segar, dijus, dimasak, atau diawetkan, dan daunnya bahkan digunakan sebagai wallpaper dan plafon isolasi. Nanas dan jusnya dinikmati di seluruh dunia yang paling terkenal sebagai minuman tropis, pina colada, dan bahkan sebagai cita rasa populer dalam minuman beralkohol.

Nilai Gizi dan Manfaat Buah Nanas

Nanas memiliki beberapa manfaat kesehatan karena mengandung kekayaan nutrisi, vitamin, dan mineral, termasuk kalium, tembaga, mangan, kalsium, magnesium, vitamin C, beta karoten, thiamin, vitamin B6, dan folat, dan bromelain.

Buah nanas diketahui menawarkan beberapa manfaat buah. Mari kita bahas setiap manfaat secara rinci di bawah ini:

1.Mengobati Arthritis

Salah satu penggunaan nanas yang paling dikenal dalam manfaat buah untuk kesehatan adalah kemampuannya untuk mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan arthritis, penyakit yang melemahkan yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Nanas mengandung enzim proteolitik yang relatif jarang yang disebut bromelain, yang terutama terkait dengan pemecahan protein kompleks dan memiliki efek antiinflamasi yang serius. Bromelain juga berkorelasi positif dengan mengurangi tanda dan gejala radang sendi pada banyak orang.

2.Meningkatkan Imunitas

Satu porsi nanas memiliki lebih dari 100% kebutuhan vitamin C harian untuk manusia, menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C membantu mengurangi penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk mempertahankan efek berbahaya dari radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel yang dapat merusak berbagai sistem organ dan mengganggu fungsi, serta menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi kanker. Kandungan vitamin C dari nanas bertahan melawan hal ini.

3.Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat yang sering diabaikan vitamin C adalah peran penting dalam menciptakan kolagen. Inilah sebagian alasan mengapa vitamin ini dipandang sebagai vitamin penyembuhan karena kolagen merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas membantu Anda menyembuhkan luka dan luka dengan cepat, dan juga melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

4.Mencegah Kanker

Nanas telah secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker mulut, tenggorokan, dan payudara, karena kaya akan berbagai antioksidan, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan tingkat mangan yang tinggi. Mangan merupakan kofaktor penting superoksida dismutase, pemulung radikal bebas yang sangat manjur yang telah dikaitkan dengan sejumlah kanker yang berbeda.

5.Membantu pencernaan

Mengkonsumsi nanas secara teratur dapat melindungi Anda dari sejumlah masalah kesehatan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, aterosklerosis, dan pembekuan darah, serta tekanan darah tinggi. Nanas, kaya serat, mempromosikan perjalanan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal dan merangsang pelepasan cairan lambung dan pencernaan untuk membantu makanan larut. Nanas juga membantu mengobati diare. Selanjutnya, bromelain dalam nanas merangsang pencernaan protein, mengurangi peradangan usus, dan karena itu, mengobati penyakit pencernaan.

Comments are closed.